Jumat, 17 Desember 2010

Mengompresi File-File

Melakukan kompresi file dalam jumlah sedikit tentu sudah biasa dilakukan. Namun, belum tentu kita terbiasa mengompresi file pada harddisk kita yang kapasitasnya bisa sampai puluhan bahkan ratusan GB. Mungkin untuk Anda yang memiliki harddisk berkapasitas sampai Terabyte atau memiliki lebih dari satu harddisk, hal ini tidak akan terlalu mengganggu. Namun bagaimana jika Anda hanya memiliki harddisk berkapasitas 160 GB atau 250 GB, dan hanya satu dan tidak memiliki harddisk cadangan atau external harddisk. Pilihannya akan sangat sedikit tentunya, antara menghapus file atau mengompresinya.


Saya menyarankan Anda menggunakan cara yang kedua, namun tidak dengan menggunakan aplikasi WinZip atau sebagainya yang akan mengompresi seluruh file yang ada. Karena hal ini akan memakan waktu yang lama, dan juga memakan resource PC. Lagi-lagi salah satu fitur yang jarang digunakan, yaitu fitur terintegrasi untuk melakukan kompresi file. Caranya:
1. Buka My Computer
2. Klik kanan pada drive yang ingin dikompres
3. Pada window baru, pilih properties, centang "Compress disk drive to save disk space"

Setelah selesai melakukan kompresi, file-file yang terkompresi akan berubah warna menjadi biru dan yang tidak terkompresi tetap berwarna hitam. Silahkan mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar