Kamis, 02 Desember 2010

Pengertian Crystal Report dan Kelebihannya

Crystal Reports merupakan salah satu paket program yang digunakan untuk mem­buat, menganalisa, dan menterjemahkan informasi yang terkandung dalam data­base ke dalam berbagai jenis laporan. Crystal Reports dirancang untuk membuat laporan yang dapat di­­gunakan dengan berbagai bahasa pemrograman berbasis Windows, seperti Visual Basic, Visual C/C++, Visual Interdev, dan Borland Delphi. Beberapa kelebihan yang dimiliki program Crystal Reports, antara lain:

· Pembuatan laporan dengan Crystal Reports tidak terlalu rumit dan banyak meli­bat­kan kode program.

· Program Crystal Reports banyak digunakan karena mudah terintegrasi dengan baha­sa lain.

· Fasilitas impor hasil laporan yang mendukung format-format paket program lain, se­perti Microsoft Office, Adobe Acrobat Reader, HTML, dan sebagainya.

Dalam membuat suatu laporan, data merupakan komponen yang sangat vital dan mutlak disediakan. Umumnya data-data tersebut disimpan dalam sebuah database. Terdapat dua model untuk mengambil data yang ada di database guna ditampilkan di laporan, yaitu:

· Pull Mode

Proses yang terjadi adalah driver akan melakukan koneksi ke database dan me­na­rik data yang ada di dalam database tersebut sesuai dengan permintaan. Dengan mo­del ini, di antara koneksi dalam database dengan perintah SQL akan menghasilkan data yang dita­ngani oleh Crystal Reports. Umumnya model ini digunakan pada laporan yang peng­am­bilan datanya berasal dari sebuah database, di mana koneksinya tidak menga­lami peru­bah­an atau tidak memerlukan pengkodean.

· Push Mode

Koneksi ke database digunakan untuk mengambil data dan mengisikan data ter­sebut ke dalam Dataset. Data yang berada dalam Dataset selanjutnya ditampilkan pada la­poran. Dengan metode ini memungkinkan untuk membangun koneksi yang terbagi (sharing) ke dalam aplikasi dan membagi data sebelum Crystal Reports menerima­nya.

Laporan yang telah dibuat dengan Crystal Reports masih belum terlihat bentuk tampilan datanya. Untuk itu dibutuhkan kontrol lain yang dipasang di form yaitu CristalReports­Viewer.

11 komentar:

  1. Tutarni : Terima kasih atas tutorialnya, sangat membantu sekali dalam pengetahuan saya untuk memahami Crystal Report dalam membuat Sebuah Aplikasi dengan Visual Basic

    BalasHapus
  2. thanks gan tutorial nya ngebantu banget

    BalasHapus
  3. informasi menarik, terima kasih. saya juga pakai Crystal Report untuk di eksport ke server kebetulan saya pakai windows hosting di www.jaringanhosting.com provider yg support dg crystal report

    BalasHapus
  4. terimakasih informasi nya saya juga sedang belajar menggunakan crystal report

    BalasHapus
  5. ijin tanya, bedanya dengan data report bawaan vb apa ya ?

    BalasHapus
  6. ijin tanya, bedanya dengan data report bawaan vb apa ya ?

    BalasHapus
  7. bagus juga ia
    apa lagi jika selalu dibarengin sama daftar pustaka atau sumbernya mungkin semakin manteeep

    BalasHapus
  8. keren ka , thanks ya atas penjekasannya, saya jadi lebih tau banyak tentang crystal report

    kunjungi web saya juga ya di:
    https://ayuyusnita.blogspot.com
    dan web resmi kampus kami :
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus